Musa, Pemilik Rumah Tak Mempan Buldozer Dikenal Dermawan

harris st.

Sebuah rumah di RT 11, RW 3, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur membuat heboh, kala itu rumah milik Haji Musa (ALM) ini masih berdiri tegak ditengah puing-puing rumah lainnya yang dihancurkan oleh buldozer, proses penggusuran yang melibatkan ribuan satpol pp dengan bantuan personel TNI dan Polisi pun terhambat. (baca : Kisah Ajaib Diselamatkan Ular Raksasa Saat Tsunami)
tidak hanya para tetangga saja yang keheranan dengan rumah ini, melainkan petugas yang mengoperasikan mesin penghancur ini juga kebingungan,  "Saya juga bingung kenapa tidak bisa dirubuhkan, karena mungkin dari kedermawanan beliau selalu menyediakan rumahnya untuk pengajian, sekarang juga kan hari Jumat mas," kata Iing, salah satu tetangga rumah alharhum Haji Musa.

Dimasa hidupnya H. Musa ini adalah orang dermawan, beliau mempunyai usaha dagang beras, sering membantu orang tidak mampu dan gemar mengikuti kegiatan sosial,  "Haji Musa sendiri juga tidak pernah ketinggalan pengajian, sakit aja masih tetap ikut pengajian," kata Iing.
Berkali-kali alat berat yang menghantam bagian rumah ini terlihat seperti mental , bahkan tidak jarang mengalami mati mesin 

"Mungkin rumahnya sering dipakai untuk pengajian dan salat tarawih, jadi tidak bisa dirobohkan," katanya.

Selain rumah Alm, H. Musa, di kampung Pulo juga ada makam Ulama terpandang, didekatnya juga ada Musholla, petugas memastikan akan merawatnya dan tidak menggusur bangunan itu.
Pemerintah DKI Jakarta berusaha merelokasi warga Kampung Pulo ke Rusunawa Jatinegara Barat. Sebab, pemukiman yang mereka tempati sekarang berada di pinggir Sungai Ciliwung. Daerah yang selalu menjadi langganan banjir.

Wallahu A'lam ....